Feel

Feel

Senin, 17 September 2012

Stage Photograpy

Satu lagi saya mencoba untuk berbagi hasil karya sederhana saya yang lain, yaitu foto panggung.

Di sini saya bukan untuk mengajari, tetapi mencoba memberikan penjelasan pada foto-foto yang saya buat.





Ketika kita mencoba untuk memotret suatu aksi panggung, momen yang paling pas yaitu ketika malam hari, karena dengan lampu-lampu panggung yang ada, dapat memberikan efek yang lebih dramatis, ketimbang kita memotret pada siang hari. Namun bagi sebagian orang, terlebih bagi fotografer yang masih pada tahap belajar, ini menjadi sebuah kendala.

Banyak fotografer yang masih belajar kedapatan fotonya gelap, atau terlalu terang, karena efek dari lampu blitz/flash, sehingga suasana panggung tidak tertangkap dengan baik.

Ada beberapa tips (sekali lagi bukan mengajarkan) yang bisa di lakukan: 
  1. Set Iso setinggi mungkin. Walau nanti akan ada efek grainy atau noise, hal tersebut bukan berarti foto kita tidak bagus
  2. Gunakan bukaan/diafragma besar atau kecil angkanya (f/1,4;f/5,6), Bukaan/diafragma besar, misal f/1,4 bisa didapat jika kita memilih menggunakan lensa fix.
  3. Set areal pencahayaan menggunakan Matering Spot. Hal ini berguna untuk mengukur bagian mana yang ingin lebih terang.
  4. Jangan menggunakan lampu flash/blitz. Penggunaan lampu flash/blitz akan membuat foto kita, tidak dapat menangkap suasana dari panggung tersebut. Jika terpaksa menggunakan flash/blitz, maka atur intensitas/power dari flash serendah mungkin, sebatas untuk fill in saja.
  5. Perhatikan arah cahaya lampu yang jatuh pada artis. Jika kita jeli memperhatikan arah cahaya yang jatuh, maka kita bisa membuat foto tersebut menjadi lebih dramatis.
  6. Manfaatkan cahaya lampu panggung. Cahaya lampu panggung biasanya lebih dari satu jenis dan berbagai warna. Manfaatkan semua itu, untuk membuat suasana dari foto kita lebih hidup, tidak flat.
Tips di atas sewaktu-waktu dapat berubah di lapangan. Namun hal-hal tersebut di atas merupakan teknik dasar yang saya lakukan, ketika memotret panggung. Hal terpenting adalah banyak-banyaklah berlatih dan banyak-banyak melihat referensi foto orang lain.

Tidak ada komentar: